LIGHTING/PENCAHAYAAN 3D Max | mahanani

LIGHTING/PENCAHAYAAN 3D Max

Baca Juga :

Teori pencahayan di dalam 3ds max sedikit berbeda dengan pencahayaan nyata, apa bila di alam nyata cahaya akan secara otomatis memberikan bayangan, maka di dalam 3ds max cahaya tidak langsung memunculkan bayangan sebelum kita aktifkan mode bayangan. Dan ada beberapa perbedaan lainnya.

Jenis cahaya standard

Di dalam 3ds max tersedia dua tipe cahaya, yaitu standard dan photomatric. Pencahayaan tipe standard adalah tipe pencahayaan yang biasa di gunakan untuk bermacam keperluan. Dan metode pengaturannya juga secara manual, artinya kita harus melakukan pengaturan cahaya secara detail agar menghasilkan efek yang realis.

Sedangkan pencahayaan tipe photomatric sudah memiliki angka-angka yang bisa di set seperti layaknya cahaya dari lampu di dunia nyata. Termasuk mode pantulan/bouncing untuk menghasilkan cahaya yang merata. Biasanya pencahayaan tipe photometric di gunakan untuk keperluan arsitektural.

Ada 4 jenis cahaya yang terdapat dalam standard lights;

  1. Omni

Pencahayaan yang di hasilkan oleh omni light biasanya cenderung merata ke semua area, karena onmi memiliki bentuk seperti layaknya cahaya matahari, yaitu berasal dari satu titik dan memancar kesekelilingnya.

clip_image002

Gbr Pencahayaan dengan Omni

  1. Direct

Cahaya direct bersifat lurus seperti layaknya cahaya laser. Tidak ada perubahan bentuk dari sumber cahaya sampai mengenai sasaran. Sumber cahaya ini baik di gunakan untuk mewakili cahaya matahari karena sifatnya yang lurus.

clip_image004

Gbr Pencahayaan dengan Direct

  1. Spot

Cahaya spot berbentuk kerucut, seperti cahaya yang bersumber dari lampu senter. Di awal ukurannya kecil, namun saat mengenai sasaran akan lebih lebar areanya.

clip_image006

Gbr Pencahayaan dengan Spot

  1. Skylight

Bentuk icon dari skylight seperti sebuah kubah/dome. Cara kerjanya juga kurang lebih sama dengan objek yang di letakkan di dalam kubah. Yaitu cahaya yang datang akan di pantulkan berkali-kali sehingga hasilnya akan lebih merata. Untuk bisa menggunakan skylight anda harus juga harus menyalakan fasilitas LIGHT TRACER yang ada di menu RENDERING. Namun proses rendering akan terasa jauh lebih lama bila di bandingkan dengan tipe pencahayaan lainnya.

clip_image008

Gbr Pencahayaan dengan Skylight dan Light Tracer

clip_image010

Gbr cara kerja Skylight yang sama dengan kubah

ditulis dengan judul : LIGHTING/PENCAHAYAAN 3D Max

3 comments
9 Januari 2014 pukul 16.55

Mantabs banget infonya bu.....trimakasih....

9 Januari 2014 pukul 16.57

thanks.....bagus bangeth bu...

30 Agustus 2014 pukul 15.48

sip

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id
Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

Kategori