MENGENAL 3DS MAX USER INTERFACE | mahanani

MENGENAL 3DS MAX USER INTERFACE

Baca Juga :

Viewport

Beginilah tampilan awal 3ds max saat anda membuka pertama kali:clip_image002

Gambar 3ds max

Viewport 3ds max ada 4 buah, yaitu view TOP (ATAS), FRONT (SISI DEPAN), LEFT (SISI KIRI) DAN PERSPEKTIF. Ke empat viewport itu akan membantu kita dalam membuat dan menganimasikan objek. Berikut apabila kita sudah membuat atau menempatkan objek pada viewport.

clip_image004

Gambar Objek dalam viewport

1. Setiap view bisa kita gaanti sesuai dengan keinginan kita. Misalnya apa bila kita ingin mengganti view TOP menjadi view BOTTOM (bawah) maka kita bisa klik kanan pada teks TOP di sudut kiri atas view

clip_image006

Gambar Mengganti View

2. Lalu arahkan pada VIEWS, dan klik BOTTOM

clip_image007

Gambar Mengganti view

3. Maka sekarang view sudah berganti menjadi view bawah/bottom.

Mengganti views layout

Secara standar viewport dalam 3ds max dibagi menjadi 4. Dan layoutnya bernentuk dua kolom kekanan dan dua ke bawah. Agar kita bisa mengganti layout sesuai keinginan kita mana kita perlu melakukan sedikit modifikasi. Berikut caranya:

  1. Klik kanan lagi pada sudut view (seperti pada gambar 11 diatas)
  2. Lalu pilih CONFIGURE...
  3. Klik tab LAYOUT

clip_image009

Gambar Mengganti layout viewport

  1. Selanjutnya anda tentukan sendiri layout yang di inginkan
  2. untuk menutup, klik OK

Navigasi viewport

Untuk dapat mengendalikan tampilan (viewport) anda harus menguasai beberapa tool berikut:

clip_image011

ZOOM : Berfungsi untuk mememperbesar dan pemperkecil tampilan. Cara tercepat menggunakan tool ini adalah dengan memanfaatkan SCROOL MOUSE anda

clip_image013

ZOOM ALL : Sama dengan ZOOM tool, hanya saja berfungsi pada semua view port.

ZOOM EXTENT : Melakukan zoom terhadap objek yang ada pada viewport. Zoom di sesuaikan dengan besarnya objek.

ZOOM EXTENT ALL : Sama dengan zoom extent, hanya saja berfungsi pada semua viewport

FIELD OF VIEW : Merubah besarnya sudut pandang

PAN VIEW : Menggeser view. Cara tercepat dengan menggunakan mouse tengah yang di tahan (klik-tahan) lalu di geser.

clip_image015

ARC ROTATE : Memutar viewport

clip_image017

MAX-MIN TOGGLE : Memaksimalkan dan mengecilkan lagi tampilan

MENYELEKSI DAN MEN-TRANFORMASI OBJEK

Agar objek yang sudah kita buat bisa di geser dan di tata komposisinya, tentu kita harus menguasai tool transformasi. Berikut tools nya:

clip_image018

clip_image020

Transformasi dan gizmo

Ada tiga tools yang akan sering kita gunakan nanti. Yaitu:

Select and Move : Berfungsi untuk menyeleksi dan menggeser objek. Cara menggeser objeknya; arahkan pointer mouse ke panah gizmo (lihat gambar 14), lalu klik di salah satu sumbunya.

Select and Rotate : Berfungsi untuk melakukan rotasi terhadap objek yang di seleksi. Caranya; arahkan pointer mouse ke rotation gizmo (lihat gambar 14), lalu klik di salah satu tumbunya, dan putar gizmo.

Select and Scale : Berfungsi untuk melakukan perubahan skala objek. Baik memperkecil, maupun memperbesar objek.

Ada 3 jenis tool skala, yaitu

clip_image021

Scale tools

ditulis dengan judul : MENGENAL 3DS MAX USER INTERFACE

2 comments
4 September 2015 pukul 02.47

Makasih mas, aku baca dan praktekkan sekarang juga :)

www.tokoonlinebaru.com

13 September 2015 pukul 15.15

makasi kakak

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id
Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

Kategori