Menggunakan Modifier 3D Max | mahanani

Menggunakan Modifier 3D Max

Baca Juga :

Modifier adalah sebuah metode editing object yang bekerja secara spesifik menurut jenis dan fungsi modifier tersebut.

Begitu banyak modifier yang disediakan 3D max namun yang akan di bahas kali ini diantaranya : Bend, FFD, Smooth, MeshSmooth, Mirror, Noise, Normal, Shell, Tessellate.

Untuk mengakses jenis-jenis modifier, pada command panel > Modify > buka dropdown list yang terdapat di sebelah kanan Modifier List.3Dmax-001

· Bend

Adalah modifier yang dapat melengkungkan objek dengan satuan sudut.

! Praktek : Segmen penentu kehalusan

  1. Pada panel Create > Geometri, buat dua buah cylinder
  2. Heigh segment cylinder 1 isi dengan 5, dan pada cylinder 2 isi dengan 15
  3. clip_image001[3]Pada panel Modifier > beri modifier Bend pada cylinder 2 > angel 90’.


· FFD (box,cyl, 2x2x2, 3x3x3, 4x4x4)

Adalah modifier yang dapat memanipulasi bentuk objek hanya dengan mengubah titik-titik yang telah ditentukan.

! Praktek : Membuat apel

  1. clip_image003Buat sebuah cylinder > heigh segment = 15
  2. Beri modifier FFD(cyl) karena objek berbentuk cylinder > buka rolloutnya ( klik pada tanda ‘+’ > pilih Control Point untuk memanipulai bentuk objek
  3. Pilih semua titik di tengah objek > dengan bantuan Select & Uniform Scale besarkan ukurannya > tarik ControlPoint bagian bawah dan turunkan

clip_image007clip_image009clip_image010

· Smooth

Adalah modifier instan yang membuat objek kasar menjadi halus.

! Praktek : Perbandingan kotak standard dengan kotak dengan ‘smooth’

  1. Buat sebuah kotak dengan segmen 15
  2. Copy kotak pertama ( select & move clip_image011 > tahan shift > geser )
  3. Beri modifer smooth pada kotak kedua > set group 1. Bandingkan hasilnya

clip_image013

Kotak Sebelah kanan menggunakan modifier smooth

· Mirror

Adalah modifier untuk merefleksikan benda dengan membalikan axisnya (X,Y,Z).

! Praktek : Refleksikan benda

  1. clip_image015clip_image017Buat sebuah teapot > beri modifier Mirror > cobalah mirror dengan berbagai axis

· Noise

Adalah modifer untuk mendistorsi objek ( membuat objek jadi tak ‘mulus’ )

! Praktek : Membuat batu

  1. Buat dua buah bola (sphere) > beri modifer Noise pada bola kedua
  2. Set parameternya sebagai berikut

clip_image020clip_image022

Bisa digunakan untuk menghasilkan benda-benda berbentuk abstrak lainnya

Catatan : Semakin besar nilai Strength, maka bentuk objek akan semakin abstrak

· Shell

Adalah modifier untuk memberi ketebalan pada objek yang tipis.

! Praktek : Mengisi celah pada teapot

  1. Buat sebuah teapot > render (F9) ( terdapat celah diantara badan teapot dengan tutupnya
  2. Beri modifier shell > set Outer Amount = 0.05 > render

clip_image025

clip_image027

Catatan : Inner dan Outer Amount mementukan ketebalan dari ‘kulit objek’

ditulis dengan judul : Menggunakan Modifier 3D Max

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id
Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

Kategori