Modifier adalah sebuah metode editing object yang bekerja secara spesifik menurut jenis dan fungsi modifier tersebut.
Begitu banyak modifier yang disediakan 3D max namun yang akan di bahas kali ini diantaranya : Bend, FFD, Smooth, MeshSmooth, Mirror, Noise, Normal, Shell, Tessellate.
Untuk mengakses jenis-jenis modifier, pada command panel > Modify > buka dropdown list yang terdapat di sebelah kanan Modifier List.
· Bend
Adalah modifier yang dapat melengkungkan objek dengan satuan sudut.
! Praktek : Segmen penentu kehalusan
- Pada panel Create > Geometri, buat dua buah cylinder
- Heigh segment cylinder 1 isi dengan 5, dan pada cylinder 2 isi dengan 15
Pada panel Modifier > beri modifier Bend pada cylinder 2 > angel 90’.
· FFD (box,cyl, 2x2x2, 3x3x3, 4x4x4)
Adalah modifier yang dapat memanipulasi bentuk objek hanya dengan mengubah titik-titik yang telah ditentukan.
! Praktek : Membuat apel
Buat sebuah cylinder > heigh segment = 15
- Beri modifier FFD(cyl) karena objek berbentuk cylinder > buka rolloutnya ( klik pada tanda ‘+’ > pilih Control Point untuk memanipulai bentuk objek
- Pilih semua titik di tengah objek > dengan bantuan Select & Uniform Scale besarkan ukurannya > tarik ControlPoint bagian bawah dan turunkan
Adalah modifier instan yang membuat objek kasar menjadi halus.
! Praktek : Perbandingan kotak standard dengan kotak dengan ‘smooth’
- Buat sebuah kotak dengan segmen 15
- Copy kotak pertama ( select & move
> tahan shift > geser )
- Beri modifer smooth pada kotak kedua > set group 1. Bandingkan hasilnya
Kotak Sebelah kanan menggunakan modifier smooth
· Mirror
Adalah modifier untuk merefleksikan benda dengan membalikan axisnya (X,Y,Z).
! Praktek : Refleksikan benda
Buat sebuah teapot > beri modifier Mirror > cobalah mirror dengan berbagai axis
Adalah modifer untuk mendistorsi objek ( membuat objek jadi tak ‘mulus’ )
! Praktek : Membuat batu
- Buat dua buah bola (sphere) > beri modifer Noise pada bola kedua
- Set parameternya sebagai berikut
Bisa digunakan untuk menghasilkan benda-benda berbentuk abstrak lainnya
Catatan : Semakin besar nilai Strength, maka bentuk objek akan semakin abstrak
Adalah modifier untuk memberi ketebalan pada objek yang tipis.
! Praktek : Mengisi celah pada teapot
- Buat sebuah teapot > render (F9) ( terdapat celah diantara badan teapot dengan tutupnya
- Beri modifier shell > set Outer Amount = 0.05 > render
Catatan : Inner dan Outer Amount mementukan ketebalan dari ‘kulit objek’
Posting Komentar
Silahkan berikan komentar anda