Material Multi/sub-object 3D Max | mahanani

Material Multi/sub-object 3D Max

Baca Juga :

Material Multi/sub-object 3D Max, Material multi/sub-object berfungsi untuk memberikan banyak tekstur dalam 1 objek. Contohnya adalah pada gambar berikut

clip_image002

Gbr Prinsip kerja material multi/sub object

Pada dasarnya kita bisa membedakan tiap polygon dengan warna/material yang berbeda, sehingga warna badan akan berbeda dengan warna paruh dan kaki.

Cara kerja material multi/sub-object adalah seperti ini:

  1. Objek harus di beri identitas dengan memberi nama pada polygonnya,
  2. Tipe material yang di gunakan adalah multi/sub-object. Kemudian tiap sub material harus di beri warna sesuai dengan yang kita inginkan.

Jadi ada dua langkah yang harus kita persiapkan untuk mendapatkan objek yang teraplikasi dengan material multi/sub-object.

Baiklah sekarang kita akan mencoba teknik tersebut.

  1. Persiapan pada objek

1. Buka objek meja yang sudah kita buat di awal

clip_image004

Gbr Buka objek meja

2. Aktifkan objek meja

3. Klik tab Modify

clip_image006

Gbr Tab Modify

4. Aktifkan seleksi POLYGON

clip_image008

Gbr Nyalakan seleksi polygon

5. Buka menu POLYGON PROPERTIES / POLYGON;MATERIAL IDs

clip_image010

Gbr Polygon material IDs

6. Gunakan tool selectionclip_image012

7. Aktifkan polygon bagian atas

clip_image014

Gbr Seleksi polygon atas

8. Isikan angka 1 pada kolom SET ID, dan tekan ENTER pada keyboard

clip_image016

Gbr Isikan angka 1

9. Seleksi polygon bagian kaki meja

clip_image018

Gbr Seleksi polygon bawah

10. Isikan angka 2 pada kolom SET ID, dan tekan ENTER

11. Matikan seleksi polygon

clip_image019

Gbr Matikan seleksi polygon

  1. Persiapan pada material

1. Buka material editor (tekan M) clip_image021

2. Aktifkan salah satu slot yang masih kosong

clip_image023

Gbr Slot

3. Berikan nama pada kolom name

clip_image025

Gbr Nama material

4. Klik teks STANDART, ganti dengan MULTI/SUB-OBJECT

clip_image027

Gbr Tombol standart material

clip_image029

Gbr Memilih tipe mateial Multi/Sub-object

5. Klik pada SET NUMBER

clip_image031

Gbr Set Number

6. Isikan 2, klik OK

7. Pada Sub Material klik warna abu-abu

clip_image033

Gbr Mengganti warna

8. Ganti menjadi warna lain

9. begitu juga dengan kotak abu-abu yang di bawahnya

10. Selanjutnya anda drag dari slot material “meja” ke objek meja

clip_image035

Gbr Drag untuk menggaplikasikan ke objek

11. Sekarang objek meja sudah berwarna sesuai dengan material

clip_image037

Gbr Hasil akhir

ditulis dengan judul : Material Multi/sub-object 3D Max

1 comment
2 Maret 2015 pukul 00.26

nice info.. mantap

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id
Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

Kategori