Memberikan material Cheker (kotak catur) 3D Max | mahanani

Memberikan material Cheker (kotak catur) 3D Max

Baca Juga :

Memberikan material Cheker (kotak catur) 3D Max

  1. Selanjutnya kita akan memberikan gambar pada permukaan objek
  2. Buka material editor clip_image001, klik salah satu slot yang kosong
  3. Berikan nama pada kolom name

clip_image003

Gbr Nama material

  1. Klik pada kotak kecil di sebelah tulisan DIFFUSE

clip_image005

Gbr Diffuse map

  1. Sekarang muncul jendela Material/map Browser, klik pada Checker, OK/dobel klik

clip_image007

Gbr Checker map

  1. Checker adalah gambar seperti papan catur, berisi 2 warna, yaitu hitam dan putih. Setelah anda tekan Ok, maka sekarang slot akan berubah seperti papan catur

clip_image009

Gbr slot material

  1. Untuk mengaplikasikan ke objek anda harus drag dari slot ke objek

clip_image011

Gbr Drag material

  1. Selanjutnya agar material dapat terlihat di viewport anda harus klik SHOW MAP IN VIEWPORT

clip_image013

Gbr Show map in viewport

  1. Untuk menggandakan jumlah kotak-kotak, kita tambahkan juga nilai yang ada pada TILING

clip_image015

Gbr Tiling

  1. dan hasilnya;

clip_image016

Gbr Hasil akhir

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id
Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

Kategori