Memberikan material gambar/bitmap 3D Max | mahanani

Memberikan material gambar/bitmap 3D Max

Baca Juga :

Memberikan material gambar/bitmap 3D Max,Selanjutnya kita akan lanjutkan untuk memberikan material bitmap. Bitmap adalah tipe gambar yang biasa di aplikasikan pada diffuse material. Ada beberapa tipe file yang bisa kita gunakan, antara lain; JPG, TGA, PNG, BMP, TIFF dan masih banyak lagi. Gambar gambar tersebut bisanya sudah tersedia saat kita menginstal 3ds max secara penuh. Namun apabila tidak tersedia kita bisa menggunakan file yang kita dapatkan dari hasil foto digital atau gambar yang di scan.

  1. aktifkan salah satu slot yang masih kosong
  2. berikan nama pada kolom name

clip_image002

Gbr Name

  1. klik pada kotak kecil di sebelah kanan teks DIFFUSE

clip_image004

Gbr Diffuse map

  1. klik pada BITMAP

clip_image006

Gbr Bitmap

  1. carilah file gambar yang anda kehendaki. Biasanya ada di folder MAP yang ada di dalam sub folder 3ds max
  2. drag dari slot material ke objek
  3. untuk menampilkan gambar pada viewport anda nyalakan SHOW MAP IN VIEWPORT

clip_image008

Gbr Show map in viewport

  1. Hasilnya

clip_image010

Gbr Hasil

  1. Apabila tekstur masih belum terlihat pada viewport, anda bisa berikan modifikasi UVW MAP yang ada pada kolom MODIFIER LIST

clip_image012

Gbr 130. Modifier list

clip_image014

Gbr UVW mapping

  1. lalu sesuaikan mapping dengan bentuk objek

clip_image016

Gbr Mapping

1 comment
3 Januari 2016 pukul 16.59

Thank postinganya gan

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id
Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

Kategori