Baca Juga :
Memberikan material gambar/bitmap 3D Max,Selanjutnya kita akan lanjutkan untuk memberikan material bitmap. Bitmap adalah tipe gambar yang biasa di aplikasikan pada diffuse material. Ada beberapa tipe file yang bisa kita gunakan, antara lain; JPG, TGA, PNG, BMP, TIFF dan masih banyak lagi. Gambar gambar tersebut bisanya sudah tersedia saat kita menginstal 3ds max secara penuh. Namun apabila tidak tersedia kita bisa menggunakan file yang kita dapatkan dari hasil foto digital atau gambar yang di scan.
- aktifkan salah satu slot yang masih kosong
- berikan nama pada kolom name
Gbr Name
- klik pada kotak kecil di sebelah kanan teks DIFFUSE
Gbr Diffuse map
- klik pada BITMAP
Gbr Bitmap
- carilah file gambar yang anda kehendaki. Biasanya ada di folder MAP yang ada di dalam sub folder 3ds max
- drag dari slot material ke objek
- untuk menampilkan gambar pada viewport anda nyalakan SHOW MAP IN VIEWPORT
Gbr Show map in viewport
- Hasilnya
Gbr Hasil
- Apabila tekstur masih belum terlihat pada viewport, anda bisa berikan modifikasi UVW MAP yang ada pada kolom MODIFIER LIST
Gbr 130. Modifier list
Gbr UVW mapping
- lalu sesuaikan mapping dengan bentuk objek
Gbr Mapping
1 comment
Thank postinganya gan
Posting Komentar
Silahkan berikan komentar anda