Semua objek dalam 3d max dapat diketegorikan menjadi 2 jenis --- Parametric object dan Editable object. Parametric berarti bahwa geometri pada objek di kontrol oleh variabel yang disebut parameter. Mengubah parameter akan berpengaruh pada objek geometri. Contohnya Sphere ( bola ) mempuanyai parameter yang di sebut Radius yang menentukan besarnya bola tersebut.
Editable object tidak memiliki fleksibilitas terhadap parameter, sebagai gantinya Editable object memiliki metode editing berupa Subobject dan fungsi editing lainya. Editable object mencakup Editable Spline, Editable Mesh, Editable Poly, Editable Patch, dan NURBS.
Saat object di convert menjadi tipe seperti Editable Poly atau Editable Mesh, object tersebut akan kehilangan parameter dasarnya. Namun object akan lebih mudah untuk di edit sesuai selera. Editable object memiliki banyak keuntungan, anda dapat mengedit suboject ( bagian-bagian yang menyusun suatu object ) seperti vertex ( titik – titik pembentuk object ), face ( sisi-sisi pada object ), edge ( tepian pada object ) dan semua metode edit yang tak bisa anda dapatkan di Parametric object.
3D Max menyediakan berbagai type modeling, diantaranya :
- Primitives : Adalah object basic sepeti Box, Sphere, Cube dsb. Tipe ini di bagi menjadi dua jenis, Standard Primitives dan Extended Primitives.
- Shape and Spline : Simple vektor shapes seperti line (garis), circle (lingkaran), text. Modeling tipe ini disebut Editable Spline
- Polys : Object terbentuk atas polygon-polygon. Metode editingnya disebut Editable Poly.
- Meshes : Model yang di buat dari banyak polygon yang di lembutkan bersama saat object tersebut di render. Metode editingnya disebut Editable Mesh.
Patches : Didasari oleh curve spline, patches dapat di modif dengan mengunakan Control Point. Dapat di convert menjadi Editable Patch
- NURBS : Singkatan dari Non-Uniform Rational B-Splines. NURBS mirip dengan Patches dalam segi Control Point. Contol Point itu mendefinisikan bagaimana surface ( lapisan object ) dibentuk oleh Curves ( Kurva-kurva )
- Compound Object : Bermacam macam grup dari berbagai tipe modeling, seperti Boolean, loft object dsb.
- Particel Systems : Sistem dari object-object kecil yang bekerja bersamaan, contohnya seperti hujan, salju dsb.
- Hair and Fur : Modeling ratusan cylinder untuk membuat rambut ? itu dapat menghabiskan semua resources di komputer anda. Dengan Hair and Fur perkerjaan membuat rambut ataupun bulu akan jauh lebih mudah
- Cloth System : Cloth – seperti baju dengan segala wave ( lipatan- lipatan baju ) yang terlihat natural, dapat di tangani oleh Cloth System.
Begitu banyak metode modeling yang disediakan 3D Max, namun pada pelatihan kali ini kita hanya akan membahas Primitives, Shape and Spline dan Poly modeling.
Posting Komentar
Silahkan berikan komentar anda