Membuat Jembatan sederhana dengan 3D Max
1) Sekarang kita akan membut objek yang sedikit lebih kompleks
2) Pertama buatlah sebuah box dengan ukuran seperti berikut ini
Gbr Parameter Box
3) Lalu convert menjadi edit poly
Gbr Klik kanan pada viewport untuk mendapatkan menu editable poly
4) Pada modify aktifkan seleksi Edge
Gbr Aktifkan seleksi edge
5) Nyalakan Edged faces dengan menekan F4 pada keyboard
6) Berikutnya aktifkan salah satu edge pada objek box
Gbr Seleksi edge
7) Klik Ring pada modify
Gbr Ring
8) Maka sekarang semua egde yang sejajar sudah teseleksi
Gbr Edge yang sejajar aktif
9) Klik Kotak kecil disebelah CONNECT
Gbr Connect option
10) Maka akan muncul connect edges option. Connect berfungsi menghubungkan edge yang akrif. Sehingga akan muncul edge baru dari hasil connect tersebut.
11) Isikan nilai 2 (dua) pada Segments, klik OK
Gbr Connect edge option
12) Objek box sudah memiliki tambahan edge
Gbr Edge baru
13) Sekarang aktifkan seleksi Vertex pada modify
Gbr Seleksi vertex
14) Pada view TOP seleksi vertex berikut dengan cara klik drag sesuai panah
Gbr Menyeleksi vertex
Gbr Vertex yang sudah aktif
15) Aktifkan Select and Uniform Scale tool yang ada di main toolbar (di atas)
Gbr Select and Uniform Scale
16) Tarik sumbu Y ke atas sehingga vertex berpindah seperti pada gambar dibawah ini
Gbr Scale posisi vertex
17) Kembali pada viewport Perspektif
18) Aktifkan seleksi edge
Gbr Aktifkan seleksi edge
19) Aktifkan Edge box yang ada di sisi seperti pada gambar
Gbr Aktifkan edge
20) Klik Ring pada modify
Gbr Ring
Gbr Edge yang aktif
21) Kembali klik Connect option
Gbr Connect option
22) Isikan nilai 20 (dua puluh) pada Segments, klik OK
Gbr Connect option
23) Sekarang segment sudah bertambah seperti pada gambar di bawah
Gbr Segment baru
24) Aktifkan seleksi Polygon
Gbr Aktifkan selaksi polygon
25) Sambil menekan keyboard CTRL , klik pada beberapa polygon seperti di bawah ini
Gbr Seleksi polygon
26) Pada modify klik Extrude option
Gbr Extrudet option
27) Isikan nilai 10 pada Extrussion Height, klik OK
Gbr Isi nilai height
28) Sekarang matikan seleksi Polygon
Gbr Matikan seleksi polygon
29) Klik F4 lagi untuk mematikan Edged faces
30) Buatlah Objek Cylinder dari view samping/Left. Ukuran dan posisi menyesuaikan. Perhatikan Objek yang sudah jadi berikut ini
Gbr Objek Cylinder di letakkan di antar tonggak
31) Aktifkan Objek Cylinder tadi, lalu copy. Cara mengkopi objek adalah dengan menggeser objek sambil menekan keyboard SHIFT
32) Aktifkan Select and Move tool
Gbr Select and Move tool
33) Geser objek Cylinder sambil menekan keyboard SHIFT
34) Pada Clone option isikan nilai 1, lalu klik OK
Gbr Clone option
35) Copy juga objek Cylinder ke sisi yang satunya. Sehingga hasilnya menjadi seperti berikut
Gbr Hasil
36) Selanjutnya kita akan membuat objek plane yang akan di modifikasi menjadi sungai
37) Buatlah objek Plane dari view TOP dengan ukuran sebagai berikut
Gbr Parameter objek plane
38) Aktifkan objek plane, lalu klik kanan pada viewport untuk meng-convert menjadi editable poly
Gbr Klik kanan>convert to editable poly
39) Aktifkan seleksi polygon
Gbr Polygon
40) Aktifkan Select and move tool
Gbr Select and Move tool
41) Geser posisi polygon tengah seperti gambar di bawah ini
Gbr Geser posisi Polygon tengah ke bawah
42) Aktifkan seleksi Edge
Gbr Seleksi Edge
43) Geser edge A dan B ke tengah dengan select and move tool
Gbr Geser posisi Edge ke tengah
44) Matikan seleksi egde
45) Agar lebih menarik, tambahkan objek plane lagi, dan gunakan sebagai sungai
Gbr Plane yang di tempatkan sebagai sungai
46) Anda tentu masih bisa melakukan modifikasi agar hasilnya menjadi lebih menarik
47) Selamat mencoba
Gbr Hasil akhir setelah di tambah dengan objek lain
Posting Komentar
Silahkan berikan komentar anda