Membuat Jembatan sederhana dengan 3D Max | mahanani

Membuat Jembatan sederhana dengan 3D Max

Baca Juga :

Membuat Jembatan sederhana dengan 3D Max

1) Sekarang kita akan membut objek yang sedikit lebih kompleks

2) Pertama buatlah sebuah box dengan ukuran seperti berikut ini

clip_image002

clip_image004

Gbr Parameter Box

3) Lalu convert menjadi edit poly

clip_image006

Gbr Klik kanan pada viewport untuk mendapatkan menu editable poly

4) Pada modify clip_image008 aktifkan seleksi Edge

clip_image010

Gbr Aktifkan seleksi edge

5) Nyalakan Edged faces dengan menekan F4 clip_image012 pada keyboard

6) Berikutnya aktifkan salah satu edge pada objek box

clip_image014

Gbr Seleksi edge

7) Klik Ring pada modify clip_image008[1]

clip_image016

Gbr Ring

8) Maka sekarang semua egde yang sejajar sudah teseleksi

clip_image018

Gbr Edge yang sejajar aktif

9) Klik Kotak kecil disebelah CONNECT

clip_image020

Gbr Connect option

10) Maka akan muncul connect edges option. Connect berfungsi menghubungkan edge yang akrif. Sehingga akan muncul edge baru dari hasil connect tersebut.

11) Isikan nilai 2 (dua) pada Segments, klik OK

clip_image022

Gbr Connect edge option

12) Objek box sudah memiliki tambahan edge

clip_image024

Gbr   Edge baru

13) Sekarang aktifkan seleksi Vertex pada modify clip_image025

clip_image027

Gbr Seleksi vertex

14) Pada view TOP seleksi vertex berikut dengan cara klik drag sesuai panah

image

Gbr Menyeleksi vertex

clip_image032

Gbr Vertex yang sudah aktif

15) Aktifkan Select and Uniform Scale tool yang ada di main toolbar (di atas)

clip_image034

Gbr Select and Uniform Scale

16) Tarik sumbu Y ke atas sehingga vertex berpindah seperti pada gambar dibawah ini

image

Gbr Scale posisi vertex

17) Kembali pada viewport Perspektif

18) Aktifkan seleksi edge

clip_image039

Gbr Aktifkan seleksi edge

19) Aktifkan Edge box yang ada di sisi seperti pada gambar

clip_image041

Gbr Aktifkan edge

20) Klik Ring pada modify clip_image008[2]

clip_image042

Gbr Ring

clip_image044

Gbr Edge yang aktif

21) Kembali klik Connect option

clip_image045

Gbr Connect option

22) Isikan nilai 20 (dua puluh) pada Segments, klik OK

clip_image046

Gbr Connect option

23) Sekarang segment sudah bertambah seperti pada gambar di bawah

clip_image048

Gbr Segment baru

24) Aktifkan seleksi Polygon

clip_image050

Gbr Aktifkan selaksi polygon

25) Sambil menekan keyboard CTRL clip_image052, klik pada beberapa polygon seperti di bawah ini

clip_image054

Gbr Seleksi polygon

26) Pada modify clip_image055 klik Extrude option

clip_image057

Gbr Extrudet option

27) Isikan nilai 10 pada Extrussion Height, klik OK

clip_image059

Gbr Isi nilai height

28) Sekarang matikan seleksi Polygon

clip_image061

Gbr Matikan seleksi polygon

29) Klik F4 clip_image062 lagi untuk mematikan Edged faces

30) Buatlah Objek Cylinder dari view samping/Left. Ukuran dan posisi menyesuaikan. Perhatikan Objek yang sudah jadi berikut ini

clip_image064

Gbr Objek Cylinder di letakkan di antar tonggak

31) Aktifkan Objek Cylinder tadi, lalu copy. Cara mengkopi objek adalah dengan menggeser objek sambil menekan keyboard SHIFT clip_image066

32) Aktifkan Select and Move tool

clip_image068

Gbr Select and Move tool

33) Geser objek Cylinder sambil menekan keyboard SHIFT clip_image066[1]

34) Pada Clone option isikan nilai 1, lalu klik OK

clip_image069

Gbr Clone option

35) Copy juga objek Cylinder ke sisi yang satunya. Sehingga hasilnya menjadi seperti berikut

clip_image071

Gbr Hasil

36) Selanjutnya kita akan membuat objek plane yang akan di modifikasi menjadi sungai

37) Buatlah objek Plane dari view TOP dengan ukuran sebagai berikut

clip_image073

Gbr Parameter objek plane

38) Aktifkan objek plane, lalu klik kanan pada viewport untuk meng-convert menjadi editable poly

clip_image074

Gbr Klik kanan>convert to editable poly

39) Aktifkan seleksi polygon

clip_image075

Gbr Polygon

40) Aktifkan Select and move tool

clip_image076

Gbr Select and Move tool

41) Geser posisi polygon tengah seperti gambar di bawah ini

clip_image078

Gbr Geser posisi Polygon tengah ke bawah

42) Aktifkan seleksi Edge

clip_image079

Gbr Seleksi Edge

43) Geser edge A dan B ke tengah dengan select and move tool

clip_image081

Gbr Geser posisi Edge ke tengah

44) Matikan seleksi egde

45) Agar lebih menarik, tambahkan objek plane lagi, dan gunakan sebagai sungai

clip_image083

Gbr Plane yang di tempatkan sebagai sungai

46) Anda tentu masih bisa melakukan modifikasi agar hasilnya menjadi lebih menarik

47) Selamat mencoba

clip_image085

Gbr Hasil akhir setelah di tambah dengan objek lain

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id
Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

Kategori