Membuat modeling dalam 3D Max | mahanani

Membuat modeling dalam 3D Max

Baca Juga :

Istilah modeling dalam animasi adalah proses pembuatan objek baik karakter maupun kelengkapannya. Ada dua jenis objek dalam animasi 3D, yaitu HARD SURFACE dan ORGANIC.

Hard surface merupakan objek yang memiliki bentuk cenderung geometrik, atau kotak-kotak, seperti meja, rumah, buku, televisi, dan lain-lain. Sedangkan;

Organic adalah objek-objek yang memiliki kecenderungan bentuk halus/aerodinamis, nyaris tanpa sudut.

Contohnya: manusia, hewan, monster, pohon, kendaraan, dll.

Tingkat kesulitan pembuatan objeknya tentus aja lebih pada organic modeling. Sehingga bagi pemula biasanya dilatih membuat objek-objek hard surface terlebih dahulu, baru kemudian objek organic.

Object creation

Beberapa objek standar sudah di siapkan dalam 3ds max. Objek-objek instant itu di bagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

  1. Standart Primitives

clip_image002

Gambar Objek-objek Standart Primitives

clip_image003

Gambar Objek-objek Standart Primitives

  1. Extended Primitives

clip_image004

Gambar Objek-objek extended Primitives

  1. Architectural Primitives

clip_image006

Gambar Objek-objek Architectural Primitives

Membuat objek

Objek yang akan anda buat terdapat dalam command panel window. Yaitu di selah kanan. Secara standar anda akan langsung di ajukan pada objek geometri standart. Antara lain ada box, sphere, cylinder dan lain sebagainya

clip_image008

Gbr   Jenis objek standar

Perlu anda ketahui, bahwa setiap objek akan memiliki cara berbeda dalam membuatnya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Membuat objek Box (kotak)

Terdiri dari 2 langkah. Tahap pertama membuat alas/panjang dan lebar. Setelah klik mouse di lepas, diteruskan dengan menentukan tinggi objek.

Cara ini juga berlaku untuk objek cylinder, torus dan pyramid.

image

Langkah 1

Langkah 2

 

Gbr  Langkah membuat objek box

2. Membuat objek Sphere (bola)

Terdiri dari 1 langkah. Yaitu hanya menentukan diameter objek. Cara ini juga berlaku untuk membuat objek teapot, geosphere dan plane.

image

Gbr  Langkah membuat objek sphere

3. Membuat objek Tube (pipa)

Terdiri dari 3 langkah. Pertama membuat diameter luar objek, kedua membuat diameter luar objek, terkahir membuat tinggi objek. Hal ini juga berlaku untuk objek cone (kerucut)

image

Langkah 1 dan 2 Langkah 3

Gbr  Langkah membuat objek tube

Pembuatan objek sebaiknya dilakukan pada viewport Perspektif atau Top. Hal ini berkaitan dengan pengaturan parameter objek nantinya.

Memodifikasi objek

Setelah objek dibuat, selanjutnya kita bisa melakukan modifikasi untuk merubah parameter standar maupun merubah objek secara keseluruhan.

a. Modifikasi parameter objek

Modifikasi ini dilakukan untuk merubah nilai dimensi dari sebuah objek yang sudah dibuat. Caranya:

1. Seleksi objek yang akan di ubah parameternya

2. klik Modify tab

clip_image030

Gbr  Modify tab

3. Atur nilai parameter (length, width, height) sesuai keinginan anda

clip_image031

Gbr  Parameter objek Box

4. Setiap objek memiliki perbedaan parameter. Untuk itu sebaiknya anda mencoba melakukan modifikasi pada semua objek yang ada.

clip_image032

Gbr  Objek Sylinder yang sudah di modifikasi

clip_image033

Gbr  Objek Sphere yang sudah di modifikasi

b. Daftar modifikasi

Untuk modifikasi yang lebih kompleks kita bisa menggunakan daftar modifikasi yang sudah disediakan oleh 3ds max.

Beberapa contoh modifikasi yang bisa anda aplikasikan terhadap objek antara lain:

1. Bend

Berfungsi membengkokkan objek.parameternya sangat sederhana dan mudah di gunakan. Syaratnya; objek yang akan di beri Bend harus memiliki segments yang cukup. Mengatur jumlah segment objek pada parameter

clip_image034

Gbr  Modifikasi Bend

2. Twist

clip_image035

Gbr   Modifikasi Twist

3. Tapper

clip_image036

Gbr  Modifikasi Tapper

4. Noise

clip_image037

Gbr  Modifikasi Noise

Cara menggunakan daftar modifikasi:

1. Aktifkan objek

2. Modify clip_image039 > klik pada MODIFIER LIST

3. Pilih modifikasi yang anda inginkan (misalnya: BEND)

4. Atur parameter bend sesuai dengan yang kita inginkan

clip_image041

Gbr   Parameter Bend

clip_image042

Gbr  Hasil modifikasi Bend

ditulis dengan judul : Membuat modeling dalam 3D Max

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id
Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

Kategori