Istilah modeling dalam animasi adalah proses pembuatan objek baik karakter maupun kelengkapannya. Ada dua jenis objek dalam animasi 3D, yaitu HARD SURFACE dan ORGANIC.
Hard surface merupakan objek yang memiliki bentuk cenderung geometrik, atau kotak-kotak, seperti meja, rumah, buku, televisi, dan lain-lain. Sedangkan;
Organic adalah objek-objek yang memiliki kecenderungan bentuk halus/aerodinamis, nyaris tanpa sudut.
Contohnya: manusia, hewan, monster, pohon, kendaraan, dll.
Tingkat kesulitan pembuatan objeknya tentus aja lebih pada organic modeling. Sehingga bagi pemula biasanya dilatih membuat objek-objek hard surface terlebih dahulu, baru kemudian objek organic.
Object creation
Beberapa objek standar sudah di siapkan dalam 3ds max. Objek-objek instant itu di bagi menjadi beberapa bagian, antara lain:
- Standart Primitives
Gambar Objek-objek Standart Primitives
Gambar Objek-objek Standart Primitives
- Extended Primitives
Gambar Objek-objek extended Primitives
- Architectural Primitives
Gambar Objek-objek Architectural Primitives
Membuat objek
Objek yang akan anda buat terdapat dalam command panel window. Yaitu di selah kanan. Secara standar anda akan langsung di ajukan pada objek geometri standart. Antara lain ada box, sphere, cylinder dan lain sebagainya
Gbr Jenis objek standar
Perlu anda ketahui, bahwa setiap objek akan memiliki cara berbeda dalam membuatnya. Berikut langkah-langkahnya:
1. Membuat objek Box (kotak)
Terdiri dari 2 langkah. Tahap pertama membuat alas/panjang dan lebar. Setelah klik mouse di lepas, diteruskan dengan menentukan tinggi objek.
Cara ini juga berlaku untuk objek cylinder, torus dan pyramid.
| Langkah 1 | Langkah 2
|
Gbr Langkah membuat objek box
2. Membuat objek Sphere (bola)
Terdiri dari 1 langkah. Yaitu hanya menentukan diameter objek. Cara ini juga berlaku untuk membuat objek teapot, geosphere dan plane.
Gbr Langkah membuat objek sphere
3. Membuat objek Tube (pipa)
Terdiri dari 3 langkah. Pertama membuat diameter luar objek, kedua membuat diameter luar objek, terkahir membuat tinggi objek. Hal ini juga berlaku untuk objek cone (kerucut)
Langkah 1 dan 2 Langkah 3
Gbr Langkah membuat objek tube
Pembuatan objek sebaiknya dilakukan pada viewport Perspektif atau Top. Hal ini berkaitan dengan pengaturan parameter objek nantinya.
Memodifikasi objek
Setelah objek dibuat, selanjutnya kita bisa melakukan modifikasi untuk merubah parameter standar maupun merubah objek secara keseluruhan.
a. Modifikasi parameter objek
Modifikasi ini dilakukan untuk merubah nilai dimensi dari sebuah objek yang sudah dibuat. Caranya:
1. Seleksi objek yang akan di ubah parameternya
2. klik Modify tab
Gbr Modify tab
3. Atur nilai parameter (length, width, height) sesuai keinginan anda
Gbr Parameter objek Box
4. Setiap objek memiliki perbedaan parameter. Untuk itu sebaiknya anda mencoba melakukan modifikasi pada semua objek yang ada.
Gbr Objek Sylinder yang sudah di modifikasi
Gbr Objek Sphere yang sudah di modifikasi
b. Daftar modifikasi
Untuk modifikasi yang lebih kompleks kita bisa menggunakan daftar modifikasi yang sudah disediakan oleh 3ds max.
Beberapa contoh modifikasi yang bisa anda aplikasikan terhadap objek antara lain:
1. Bend
Berfungsi membengkokkan objek.parameternya sangat sederhana dan mudah di gunakan. Syaratnya; objek yang akan di beri Bend harus memiliki segments yang cukup. Mengatur jumlah segment objek pada parameter
Gbr Modifikasi Bend
2. Twist
Gbr Modifikasi Twist
3. Tapper
Gbr Modifikasi Tapper
4. Noise
Gbr Modifikasi Noise
Cara menggunakan daftar modifikasi:
1. Aktifkan objek
2. Modify > klik pada MODIFIER LIST
3. Pilih modifikasi yang anda inginkan (misalnya: BEND)
4. Atur parameter bend sesuai dengan yang kita inginkan
Gbr Parameter Bend
Gbr Hasil modifikasi Bend
Posting Komentar
Silahkan berikan komentar anda