Baca Juga :
Membuat meja dengan modifikasi edit poly 3DMax
- Buat lah sebuah box dengan ukuran bebas
Gambar Membuat objek box
- Berikan modifikasi Edit Poly, atau aktifkan objek box, dan klik kanan > Convert to > Convert to Editable Poly
Gambar Memberikan modifikasi Edit Poly
Gambar Untuk 3ds max versi 6 kebawah Harus di klik kanan objeknya
- Selanjutnya anda nyalakan seleksi Polygon (kotak)
Gambar Seleksi Polygon
- Lakukan insert secukupnya
Gambar Insert
- Klik F4 pada keyboard untuk menampilkan EDGED FACES (agar garis-garis terlihat)
- Nyalakan seleksi Edge (garis)
Gambar Seleksi Edge
- Seleksi dua buah edge seperti pada gambar
Gambar Seleksi Edge
- Klik Connect setting (kotak kecil di sebelah kanan tulisan connect, isikan nilai 2 pada kolom segments
Gambar Seleksi 2 buah edge
- Nyalakan seleksi Vertex (titik)
Gambar Seleksi Vertex
- Pilih 4 buah vertex berikut
Gambar Seleksi 4 buah vertex
- Aktifkan Select and Uniform Scale (atau tekan R pada keyboard)
Gambar Select And Scale
- Lakukan skala agar posisi vertex menjadi seperti pada gambar di bawah
Gambar Skala ke salah satu sumbunya
- Gunakan lagi seleksi Edge
Gambar Seleksi Edge
- Seleksi 4 buah edge seperti pada gambar dibawah
Gambar Seleksi 4 buah edge
- klik Connect setting (kotak kecil di sebelah kanan teks Connect)
Gambar Connect setting
- Isikan nilai 2 pada Segments
Gambar Connect setting
- Nyalakan lagi seleksi Vertex (titik)
Gambar Seleksi Vertex
- Aktifkan 8 buah vertex seperti dibawah ini
Gambar Seleksi 8 Vertex
- Gunakan Scale tool
Gambar Select And Scale
- Geser posisi vertex sehingga menjadi seperti dibawah ini
Gambar Skala posisi vertex sesuai arah panah
- Aktifkan seleksi Polygon (kotak)
Gambar Seleksi Polygon
- Aktifkan 4 buah polygon seperti pada gambar
Gambar Seleksi 4 buah polygon
- Gunakan extrude setting untuk menambahkan polygon baru
Gambar Extrude Polygon
- Matikan seleksi polygon
Gambar Matikan seleksi
- Hasil akhirnya adalah seperti ini
Gambar Hasil akhir
Posting Komentar
Silahkan berikan komentar anda