Membuat meja dengan modifikasi edit poly dengan 3D Max | mahanani

Membuat meja dengan modifikasi edit poly dengan 3D Max

Baca Juga :

Membuat meja dengan modifikasi edit poly 3DMax

  1. Buat lah sebuah box dengan ukuran bebas

clip_image002

Gambar Membuat objek box

  1. Berikan modifikasi Edit Poly, atau aktifkan objek box, dan klik kanan > Convert to > Convert to Editable Poly

clip_image004

Gambar Memberikan modifikasi Edit Poly

clip_image006

Gambar Untuk 3ds max versi 6 kebawah Harus di klik kanan objeknya

  1. Selanjutnya anda nyalakan seleksi Polygon (kotak)

clip_image008

Gambar Seleksi Polygon

  1. Lakukan insert secukupnya

clip_image010

Gambar Insert

  1. Klik F4 pada keyboard untuk menampilkan EDGED FACES (agar garis-garis terlihat)
  2. Nyalakan seleksi Edge (garis)

clip_image012

Gambar Seleksi Edge

  1. Seleksi dua buah edge seperti pada gambar

clip_image014

Gambar Seleksi Edge

  1. Klik Connect setting (kotak kecil di sebelah kanan tulisan connect, isikan nilai 2 pada kolom segments

clip_image016

Gambar Seleksi 2 buah edge

  1. Nyalakan seleksi Vertex (titik)

clip_image018

Gambar Seleksi Vertex

  1. Pilih 4 buah vertex berikut

clip_image020

Gambar Seleksi 4 buah vertex

  1. Aktifkan Select and Uniform Scale (atau tekan R pada keyboard)

clip_image021

Gambar Select And Scale

  1. Lakukan skala agar posisi vertex menjadi seperti pada gambar di bawah

clip_image022

Gambar Skala ke salah satu sumbunya

  1. Gunakan lagi seleksi Edge

clip_image023

Gambar Seleksi Edge

  1. Seleksi 4 buah edge seperti pada gambar dibawah

clip_image024

Gambar Seleksi 4 buah edge

  1. klik Connect setting (kotak kecil di sebelah kanan teks Connect)

clip_image026

Gambar Connect setting

  1. Isikan nilai 2 pada Segments

clip_image028

Gambar Connect setting

  1. Nyalakan lagi seleksi Vertex (titik)

clip_image029

Gambar Seleksi Vertex

  1. Aktifkan 8 buah vertex seperti dibawah ini

clip_image030

Gambar Seleksi 8 Vertex

  1. Gunakan Scale tool

clip_image031

Gambar Select And Scale

  1. Geser posisi vertex sehingga menjadi seperti dibawah ini

clip_image032

Gambar Skala posisi vertex sesuai arah panah

  1. Aktifkan seleksi Polygon (kotak)

clip_image033

Gambar Seleksi Polygon

  1. Aktifkan 4 buah polygon seperti pada gambar

clip_image035

Gambar Seleksi 4 buah polygon

  1. Gunakan extrude setting untuk menambahkan polygon baru

clip_image037

clip_image039

Gambar Extrude Polygon

  1. Matikan seleksi polygon

clip_image041

Gambar Matikan seleksi

  1. Hasil akhirnya adalah seperti ini

clip_image043

Gambar Hasil akhir

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id
Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

Kategori