Menambah Warna dengan material editor pada 3D Max | mahanani

Menambah Warna dengan material editor pada 3D Max

Baca Juga :

Menambah Warna dengan material editor pada 3D Max, Agar objek yang di buat sebelumnya menjadi lebih baik/nyata maka di perlukan proses selanjutnya, yaitu pemberian tekstur terhadap permukaan objek.

Pada prinsipnya pemberian tekstur ini seperti menempelkan gambar/kulit pada objek yang masih polos

clip_image001

Gbr Ibarat objek yang di beri baju

Warna dasar

Warna dasar adalah warna permukaan objek geometri yang secara standar sudah di atur otomatis pada saat kita membuat objek.

Agar kita dapat mengganti warna dasar ini caranya adalah sbb;

  1. Aktifkan objek
  2. Pada Object name and color klik kotak warna

clip_image003

Gbr Name and color

  1. Maka akan muncul palet warna, silahkan pilih warna yang anda inginkan, dan klik OK
  2. Sekarang warna objek sudah berganti

Warna dasar dengan material editor

Selanjutnya kita akan menggunakan fasilitas material editor untuk mengolah warna.

  1. Buatlah objek
  2. Buka material editor clip_image005 atau tekan “M” pada keyboard

clip_image007

Gbr Material editor

  1. Aktifkan salah satu slot (objek bundar berwarna abu-abu)
  2. Beri nama pada kolom name

clip_image009

clip_image011

Gbr mengganti nama

  1. Untuk mengganti warna dasar klik pada kolom DIFFUSE COLOR

clip_image013

Gbr Diffuse Color

  1. Pilihlah warna yang anda kehendaki, lalu klik OK

clip_image015

Gbr Palet warna

  1. Untuk dapat mengaplikasikan warna ke objek, anda harus drag dari slot material ke objek

clip_image017

Gbr Mengaplikasikan warna

  1. Sekarang objek sudah berubah warnanya sesuai warna yang ada di slot material
  2. Dan sekarang tiap kali anda mengganti warna pada slot material, maka secara otomatis warna pada objek yang sudah di aplikasikan dari material editor akan berubah warnanya juga.

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id
Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

Kategori