Menambah Warna dengan material editor pada 3D Max, Agar objek yang di buat sebelumnya menjadi lebih baik/nyata maka di perlukan proses selanjutnya, yaitu pemberian tekstur terhadap permukaan objek.
Pada prinsipnya pemberian tekstur ini seperti menempelkan gambar/kulit pada objek yang masih polos
Gbr Ibarat objek yang di beri baju
Warna dasar
Warna dasar adalah warna permukaan objek geometri yang secara standar sudah di atur otomatis pada saat kita membuat objek.
Agar kita dapat mengganti warna dasar ini caranya adalah sbb;
- Aktifkan objek
- Pada Object name and color klik kotak warna
Gbr Name and color
- Maka akan muncul palet warna, silahkan pilih warna yang anda inginkan, dan klik OK
- Sekarang warna objek sudah berganti
Warna dasar dengan material editor
Selanjutnya kita akan menggunakan fasilitas material editor untuk mengolah warna.
- Buatlah objek
- Buka material editor
atau tekan “M” pada keyboard
Gbr Material editor
- Aktifkan salah satu slot (objek bundar berwarna abu-abu)
- Beri nama pada kolom name
Gbr mengganti nama
- Untuk mengganti warna dasar klik pada kolom DIFFUSE COLOR
Gbr Diffuse Color
- Pilihlah warna yang anda kehendaki, lalu klik OK
Gbr Palet warna
- Untuk dapat mengaplikasikan warna ke objek, anda harus drag dari slot material ke objek
Gbr Mengaplikasikan warna
- Sekarang objek sudah berubah warnanya sesuai warna yang ada di slot material
- Dan sekarang tiap kali anda mengganti warna pada slot material, maka secara otomatis warna pada objek yang sudah di aplikasikan dari material editor akan berubah warnanya juga.
Posting Komentar
Silahkan berikan komentar anda